oleh

66 Kasus Kebakaran di Manado Sepanjang Tahun 2021, Ini Penyebab Utamanya

-Daerah, Manado-288 views

ZONAKAWANUA.COM, MANADO – Kasus kebakaran bangunan gedung / rumah yang terjadi sepanjang tahun 2021 di kota Manado, sebagian besar disebabkan hubungan arus pendek listrik atau korsleting.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Pemadam Kebakaran Kota Manado, setidaknya ada 66 kasus kebakaran yang terjadi pada medio 2021, sedangkan tahun 2020 ada 57 kasus dan 110 kasus di tahun 2019.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Manado, Supriyatna, SSos, mengatakan, penyebab utama kebakaran ialah korsleting listrik serta penyebab lainnya.

Grafik data kejadian kebakaran bangunan dan rumah di Manado. (Sumber data : Dinas Damkar Manado ).

“Penyebab Kebakaran di kota Manado itu pertama akibat hubungan arus pendek atau korsleting yang kedua itu kompor atau tabung gas,” ungkap Supriyatna, saat diwawancarai, Selasa (18/01/22).

Menurut Supriyatna, selain itu yang harus diwaspadai berdasarkan data mereka yang mempunyai gangguan mental juga bisa menjadi penyebab kebakaran.

“Rumah ada acara tanpa disadari ada keluarga dengan gangguan mental melakukan hal yang dapat menyebabkan rumah itu hangus terbakar,” ujarnya.

Karenanya Supriyatna mengingatkan agar warga Manado lebih teliti lagi memperhatikan hal – hal yang bisa menyebabkan kebakaran.

“Harus ada semacam review pemeriksaan instalasi di rumah Apakah kabel sudah tua atau posisi instalasi kelistrikan yang kurang safety menurut aturan PLN,” tutup Kadis Damkar. (Alfian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed