oleh

Punya Latar Belakang Mumpuni, G2M Nusa Utara Dorong Kolonel Jacobus Maju Pilkada Sitaro

ZONAKAWANUA.COM, SITARO – Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak tahun 2024 bakal diselenggarakan November nanti.

Salah satu yang menarik diikuti adalah Pilkada Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Berdasarkan pantauan zonakawanua.com, sejumlah nama potensial yang dianggap layak mulai bermunculan ke publik.

Salah satu figur yang digadang gadang mendapat dukungan kuat dari masyarakat Sitaro adalah putra asli daerah, Kolonel Laut (KH) Ir. Florendo V Jacobus MSi.

Bukan tanpa alasan, pasalnya, salah satu petinggi Lantamal VIII Manado ini dinilai memiliki pengalaman mumpuni serta latar belakang kepemimpinan.

Bahkan, Jacobus santer dikabarkan mulai dilirik sejumlah pihak termasuk Partai Politik maupun melalui jalur perseorangan (Independen) untuk bertarung di Sitaro.

Tak main – main Kolonel Jacobus yang kini menjabat sebagai Kepala Asintel AL Lantamal VIII Manado ini disinyalir mendapat dukungan kuat dari masyarakat Sitaro termasuk generasi muda.

Satu diantaranya Gerakan Generasi Muda Nusa Utara (G2M Nustar) menyatakan mendukung “Yakang” Kolonel Jacobus untuk ikut sebagai salah satu kandidat bakal calon kepala daerah atau Bupati di Kabupaten Sitaro.

“Ini negara demokrasi wajar saja Kolonel Jacobus yang saat ini menjabat kepala Asintel AL Lantamal VIII Manado dan tentunya menjadi figur sentral yang diincar banyak pihak untuk dipromosikan diajukan didorong menjadi salah satu bakal calon kepala daerah di Sitaro,” ujar Alfian Tumuahi salah satu anggota G2M Nustar, Senin (18/3/2024). Saat diskusi bersama Kolonel Jacobus di Rumah Kopi Kent (RKK) Jl Santiago Tuminting.

Menurutnya, Kolonel Jacobus sebagai warga negara Indonesia juga mempunyai hak politik untuk dipilih. Sehingga di tengah situasi politik saat ini, banyak pihak yang mendorong atau berkeinginan menjadikan Kolonel Jacobus sebagai salah satu kandidat dalam Pilkada di Sitaro mendatang.

Meskipun masing-masing Partai Politik memiliki figur dari kader partainya, namun bukan hal yang sulit bagi Kolonel Jacobus untuk mendapatkan dukungan Partai Politik pada Pilkada 2024 mendatang. Kendati demikian, saat ini Ia masih terikat kedinasan sebagai anggota militer di TNI AL

“Kolonel Jacobus saat ini masih terikat dengan kedinasan sebagai seorang Pamen TNI AL tentunya kalaupun nanti beliau betul-betul akan maju ikut berkompetisi dalam Pilkada 2024 membutuhkan proses-proses yang panjang selaku anggota militer dan tentunya harus mendapatkan izin dari pimpinan di atasnya,” ujar Tumuahi

Sementara itu, dalam ruang diskusi G2M Nustar bersama Kolonel Jacobus, ikut disampaikan langsung oleh Abner Gaghaube salah satu pendiri aliansi masyarakat nusa utara bersatu (Amsatu) terkait Pilkada secara langsung oleh rakyat yang merupakan perwujudan hak-hak dasar rakyat memilih pemimpin daerahnya.

“Ini adalah suatu proses pembelajaran politik masyarakat yang dapat melibatkan daya kritis dalam berpolitik. Strategi political marketing dapat diterapkan dalam menganalisis proses dan hasil pemilihan kepala daerah yang menjembatani kepentingan kandidat dan konsituennya yang menggambarkan strategi political marketing yang diterapkan melalui model sosialisasi dan komunikasi politik,” ucap Gaghaube. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed