oleh

SE-TAHUN MENJABAT, “BANYAK” DI DAPAT

ZONAKAWANUA.COM, melonguane. -Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud bersama masyarakat merayakan acara syukuran setahun kepemimpinan Elly Lasut – Moktar Parapaga, Jumat (26/02/2021) meskipun dalam guyuran hujan berkat dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat, warga Talaud antusias dalam mensukurinya bahkan larut dalam kegembiraan.

Hal tersrbut memang cukup beralasan. Meski baru setahun menjabat, kepemimpinan Lasut-Parapaga di beranda paling utara Indonesia itu membawa perubahan yang sangat signifikan.

“Syukuran adalah kekuatan. Terima kasih masyarakat Talaud yang selalu kompak dan berjuang bersama-sama menghadapi pandemi,” kata Bupati Talaud, Elly Lasut.

E2L membeberkan sejumlah prestasi daerah perbatasan nkri-filipina tersebut, walaupun berada dalam terpaan dahsyat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang mengglobal.
“Puji syukur, per hari ini, Jumat (26/02/2021) tinggal satu orang pasien yang terinfeksi Covid19. Dari 128 pasien cluster Natal dan tahun baru, ada enam orang meninggal,” ucap ayah HBL yang merupakan anggota DPR-RI termuda dari Fraksi NasDem tersebut.

Kata dia (E2L), kekompakan dan kepatuhan seluruh masyarakat dalam menghadapi pandemi adalah kuncinya. Dia mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga prokes.
“Tingkat kepatuhan prokes masyarakat Talaud menduduki ranking 60-an dari 504 Kabupaten di Indonesia, hal ini hendaknya dipelihara terus-menerus sebagai wujud dari masyarakat yang baik patuh dan taat. Talaud bersyukur karena atas perhatian pemerintah pusat, saat ini sudah bisa melaksanakan sekolah tatap muka langsung,” tambah Bupati.

Lanjutnya, Lasut menjelaskan empat proyek besar yang sudah mendapat persetujuan pemerintah pusat untuk segera di realisasikan di kabupaten kepulauan talaud yakni “Pembangunan kawasan Mane’e, pembangunan depot BBM, pembangunan dan renovasih pelabuhan Feri serta pengiriman tenaga kerja anak muda ke jepang,” katanya, langsung mendapat tepukan riuh masyarakat saat itu.

Dia menambahkan “Mane’e adalah ritual menangkap ikan yang sarat nilai budaya. Bagi siapa yang baru melihatnya pasti akan kagum tak percaya”.

Selanjutnya, Pemkab Talaud akan melakukan renovasi dan rehabilitasi semua pelabuhan dermaga kapal feri. Dananya bersumber dari Dinas Perhubungan.

Dia melanjutkan, Pemkab Talaud juga akan membangun depot minyak yang sudah disetujui oleh komisaris Pertamina.
“Ini untuk ketersediaan BBM pada tahun 2021. Tiga bulan ke depan Talaud akan mendapat pasokan minyak, ini akan membuat pemasukan masyarakat meningkat 3 kali lipat,” urainya.

Bukan hanya itu, kabar baik lain dia sampaikan untuk masyarakat Talaud, bahwa Tahun 2022 akan dimulai pembangunan jembatan yang menghubungkan antara pulau Karakelang (kampung tua arrangacca wilayah kelurahan melonguane barat kecamatan melonguane) dengan pulau Salibabu (desa Alude kecamatan Kalongan) dengan panjang 4 Km.

Bupati Talaud bersama PT KOBA kemudian secara resmi meluncurkan program pengiriman tenaga kerja dari Talaud ke Jepang.

Sebelumnya, Bupati Elly Lasut bersama PT. KOBA sudah menandatangani kerjasama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Selasa (23/2/2021) lalu.
Kepala BP2MI, Benny Rhamdani menyebut, kerjasama ini membuka peluang Pemkab Talaud mengirimkan tenaga kerja muda dan handal untuk bekerja di Jepang.

Tak lupa, dalam suasana berduka Elly Lasut menghaturkan rasa terima kasih atas doa dan dukungan semua pihak, pasca meninggalnya Ketua penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Talaud, (Almh) Telly Tjanggulung.

Sekadar informasi, Bupati – wakil bupati Kabupaten Kepulauan Talaud , Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga dilantik oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Rabu (26/02/2020) silam di Jakarta. (Ato’)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed