oleh

68 Atlet Dari 12 Provinsi Dipastikan Berpartisipasi, Kejurnas Terbuka Panjat Tebing Nasional Manado 2024 Resmi Bergulir

ZONAKAWANUA.COM, MANADO – Kejuaraan Terbuka Panjat tebing Nasional Piala Wali Kota Manado tahun 2024 resmi bergulir, Rabu (06/03/2024),  dengan vanue utama di God Bless Park, Jalan Boulevar Manado.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado, Drs. Pontowuisang Kakauhe, mengatakan bahwa Iven ini merupakan bagian dari  program pengembangan kapasitas daya saing keolahragaan Pemerintah Kota Manado,  yang akan dihelat selama empat hari, dari tanggal 6 – 9 Maret 2024.

“Iven ini diikuti oleh 68 peserta dari 12 Provinsi seperti Provinsi Riau (1 orang), Bangka Belitung (1 orang), Kalimantan Selatan (1 orang), Jawa Timur (6 orang), Jawa Tengah (1 orang), Banten (1 orang), DKI Jakarta ( 3 orang), Sulawesi Selatan (11 orang), Sulawesi Tengah (12 orang), Gorontalo (1 orang), Papua (1 orang), dan Sulawesi Utara (29 orang),” sebut Kakauhe.

Pembukaan Kejuaraan Terbuka Panjat Tebing Nasional yang digelar di God Bless Park, Manado, Rabu (06/03/2024).

Ada 3 kategori yang dilombakan juara yakni  kategori Speed Classic PA/PI, Kategori Speed World Record PA/PI, dan Kategori Lead PA/PI dengan total hadiah sebesar RP. 90.000.000.

Diketahui Iven berskala nasional ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Manado bekerjasamadengab FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia) Sulawesi Utara dan FPTI Kota Manado.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Richard Sualang menyebut bahwa Iven ini untuk menjadi salah satu ajang unjuk prestasi bagi atlet – atlet panjat tebing yang ada di seluruh Indonesia.

“Ini menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi Kota Manado bahwa bisa melaksanakan kejuaraan ke tingkat Nasional dan diikuti oleh atlet – atlet yang berprestasi dan atlet – atlet Nasional dari berbagai daerah, ” tutur Richard Sualang saat membuka secara resmi membuka Kejuaraan Terbuka Panjat Tebing Nasional Piala Wali Kota 2024.

Disisi lain, ajang Ini diharapkan menjadi pemacuh semangat bagi atlet – atlet tuan rumah, untuk mengukur sejauh mana latihan yang sudah dijalankan dan tentu juga ini akan membawa semangat yang baru bagi seluruh penggiat panjat tebing yang ada di Sulawesi Utara termasuk juga yang ada di Kota/Kabupaten yang berada diluar Kota Manado.

Selain membuka kegiatan, juga dilakukan meresmikan Wall Climbing yang berada di Taman Berkat God Bless Park Manado, disaksikan oleh Kepala Bidang Kompetisi pengurus pusat FPTI Anugrah Agung Karo – Karo, Instruktur Climbing Rute Seter Kontinental FPTI Ronald Mamarimbing, Juri Nasional FPTI Sulawesi Selatan Asmar Situju, Para Atlet, Pelatih dan sponsor.

“Saat ini kita akan memulai penggunaan fasilitas dinding panjat yang ada di taman berkat ini. Dan tentunya ini dibangun oleh pemerintah Kota Manado, supaya bisa dimanfaatkan untuk peningkatan prestasi panjat tebing yang ada di Sulawesi Utara khususnya di Kota Manado. Ada banyak penggiat panjat tebing, banyak club – club, banyak perkumpulan yang ada di Kota Manado maupun di Kota/Kabupaten yang ada di Sulawesi Utara yang bisa memanfaatkan baik untuk latihan maupun juga untuk kompetisi,” terangnya.

Wawali Richard Sualang mengecek langsung kesiapan panitia pelaksana.

Sualang meminta agar fasilitas ini dapat dijaga, dipelihara agar supaya agar supaya bisa bertahan lama

“Selamat bertanding, selamat berkompetisi. Kalah menang itu soal biasa, yang penting kita tetap menjunjung tinggi sportifitas. Semoga semakin maju panjat tebing Sulawesi Utara maupun Nasional agar dapat memberikan prestasi dan kebanggaan bagi kita semua,” tandasnya. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed